Bungee Jumping

Bungee Jumping 


Bungee Jumping 
Merupakan olahraga yang tak kalah ekstreme dengan base jumping. Olahraga dilakukan dengan cara melompat dari tempat tinggi dengan menggunakan pengaman berupa tali lentur.
Tali lentur diikatkan di pergelangan kaki dan ujung satunya terikat ke tempat lompat(bisa berupa tiang jembatan), ketika peloncat sampai ke bawah maka tali tersebut akan memantul lagi ke atas sampai energi lompatan habis. Bungee jumping tertingi dilakukan oleh AJ Hackett yang dilakukan dari Macau Tower setinggi 233 meter atau 764 kaki.

Sejarah Bungee Jumping
Pada awal 1950-an David Attenborough dan seorang pekerja film BBC telah membawa kembali potongan "penyelam tanah" Pulau Pantekosta di Vanuatu, orang muda yang melompat dari "platform" kayu yang tinggi dengan "vine" terikat ke pergelangan kaki mereka sebagai pengetesan keberanian. Film ini menginspirasikan Chris Baker dari Bristol, Inggris untuk menggunakan tali elastis. Lompat bungee modern pertama dilakukan pada 1 April 1979 dari Jembatan Suspensi Clifton setinggi 250 kaki di Bristol dan dilakukan oleh 4 anggota Dangerous Sports Club. Para pelompat, dipimpin oleh David Kirke ditahan tidak lama kemudian, namun tetap melompat di AS dari Golden Gate dan jembatan Royal Gorge, menyebarkan konsep ini ke seluruh dunia. Pada 1982 ada pelompatan yang dilakukan dari "crane" bergerak dan balon air panas.

0 komentar:

Posting Komentar