Skateboard

Skateboard



Skateboard 
Sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk aktivitas meluncur. Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan. Bisa juga sang pengguna berdiri di atasnya sementara papan ini meluncur ke bawah pada sebuah turunan yang curam dan dengan ini menggunakan gaya gravitasi sebagai pemacu.

Sejarah Skateboard :
Setelah pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1940 – 1950 an oleh Frank Nasworthy peselancar dari California, yang pada saat itu ingin mencari alternatif lain bermain surfing ketika air laut tidak berombak. Mulai saat itulah permainan skateboard dimainkan, dan papan pertama yang dibuat hampir mirip dengan papan surfing, namun ukurannya agak kecil dan diberi ban roller skate. Pada tahun 1970-an, Frank Nasworthy membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut Cadillac. Dengan dibuatnya ban baru skateboard tersebut, membuat popularitas skateboard berkembang pesat. Banyak perusahan pabrik di California yang memodifikasi papan – papan skateboard.Bentuk kontenporer skateboard didapat dari fresstyle papan pada tahun 1980-an, dengan bentuk ban dan lebar relatif sempit yang simetris. Bentuk papan ini sudah menjadi trend di awal tahun 90-an. Pertengahan tahun 90-an sampai sekarang papan skateboard terus berkembang, saat ini papan skate yang digunakan mempunyai lebar 7 ¼ sampai 8 inci, dan panjang 30 sampai 32 inci. Sementara ukuran roda relatif kecil.
Di Indonesia sendiri skateboard mulai masuk pada tahun 80-an. Para pecinta skate di Indonesia mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video di Youtube dan membaca majalah skateboard luar negeri.Seiring berjalannya waktu, olahraga yang tergolong ekstrim ini semakin berkembang di anak muda Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar