Olahraga Menembak

Olahraga Menembak 


Olahraga Menembak :
Olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran (akurasi dan kecepatan) dengan menggunakan berbagai jenis senjata seperti senjata api dan senapan angin.
Berburu juga merupakan olahraga menembak. Olahraga menembak dikategorikan berdasarkan jenis senjata api, sasaran dan jarak di mana target dinembak.

Sejarah Olahraga Menembak :
Pertandingan pistol pertama yang terekam asalah duel pada tahun 1860 antara 2 laki-laki menembak piring 9 inci pada jarak 100 kaki.
Skeet shooting dimulai antara 1910 dan 1915. Mulanya peserta menembak “mengelilingi jam” menggunakan pos menembak yang melingkar. Format ini dimodifikasi menjadi setengah lingkaran pada jaman modern. Kompetisi menembak level dunia pertama kali diadakan pada tahun 1897, saat Lyon, klub menembak asal
Perancis mengorganisir pertandingan internasional 300 meter rifle untuk merayakan ulang tahun ke 25. Nomor women pertama kali diadakan pada tahun 1958. Menembak masuk sebagai olahraga olimpiade pada tahun 1896 di Athena. Untuk nomor women baru diadakan pada tahun 1968 di Mexico City dalam mixed nomor. Pertama kalinya nomor khusus perempuan muncul di tahun 1984 dan pada tahun 1996 baru nomor men dan women dipisahkan.
Dari 5 nomor menembak di penampilan perdananya pada tahun 1896 menjadi 15 nomor dewasa ini. Olahraga ini berkembang pesat seiring dengan perkembanagan teknologi senjata.
Ada 15 nomor menembak pada olimpiade, dibagi menjadi 3 grup: rifle, pistol and shotgun. Kompetisi rifle dan pistol diadakan di lapanga tembak dengan jarak 10, 25 dan 50 meter. Untuk shotgun, peserta menembak target clay dilontarkan dari sudut dan arah yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar